RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan : ………

Kelas / Semester : VI (Enam) / 1

Mata Pelajaran : Matematika 

Bab 2 : Operasi Hitung Campuran Bilangan cacah dan campuran

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 Pertemuan 2 JP)

Hari / Tgl Pelaksanaan: ................ / ........................



A. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya 

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

3.3.1   Menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif

2

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.

4.3.1   Menyelesaikan soal dengan benar.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca soal, siswa mampu menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.

  2. Setelah menentukan bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.



  • Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis 

Mandiri

Gotong Royong

Integritas


D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

  • Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” bersama-sama. Nasionalis

  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

  • Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Operasi Hitung Campuran Bilangan cacah dan pecahan ”. Integritas

  • Guru menyampaikan materi sebelumnya. Communication

Inti

Mengamati

  1. Siswa mencermati operasi hitung campuran bilangan cacah. 

  2.  Guru Menjelaskan cara menyelesaikan masalah operasi hitung campuran bilangan cacah. (Communication)

Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. 

  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang pengurangan dan penjumlahan bilangan cacah. 

  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa. (Communication)

Menalar

  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang operasi hitung campuran bilangan cacah. (Critical Thinking, Collaboration)

  2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang operasi hitung campuran bilangan cacah dengan bimbingan guru.

  3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa. (Communication)

  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang operasi hitung campuran bilangan cacah.

Mencoba

  1. Guru memberikan soal latihan pecahan biasa kepada siswa. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu. (Mandiri)

  3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Mengkomunikasikan

  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang operasi hitung campuran bilangan cacah.

Siswa menyampaikan manfaat belajar operasi hitung campuran bilangan cacah yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

INGAT!

Langkah operasi hitung adalah sebagai berikut.

  • selesaikan operasi di dalam kurung

  • selesaikan perkalian dan pembagian

  • selesaikan penjumlahan dan pengurangan


Penutup

  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

  • Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  • Melakukan penilaian hasil belajar

  • Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”

  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

E. SUMBER PEMBELAJARAN

  • Bupin kelas 6 


Mengetahui

   Kepala ………….





………………

                    NIP. 

              Lesmana, 17 Juli 2023

               Guru Kelas VI





…………….

               NIP. 








LAMPIRAN 1

F. MATERI PEMBELAJARAN

Operasi hitung campuran adalah operasi hitung yang melibatkan penjumlahan,  pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berikut aturan yang perlu diperhatikan dalam operasi hitung campuran bilangan cacah.

  1. Mengerjakan lebih dahulu operasi hitung yang berada dalam tanda kurung.

  2. Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, maka kerjakan secara berurutan dari depan atau dari kiri ke kanan.

  3. Perkalian dan pembagian lebih kuat dari pada penjumlahan dan pengurangan, maka dahulukan mengerjakannya. 

  4. Perkalian dan pembagian sama kuat, maka kerjakan secara berurutan dari kiri ke kanan. 


Contoh :

Tentukan hasil 124 + 125 : 5 x 16 


Penyelesaian :

Langkah 1:

Perkalian dan pembagian sama kuat, maka kerjakan operasi di sebelah kiri dahulu yaitu pembagian.

124 + 125 : 5 x 16 


124 +     25    x 16 


Langkah 2: 

Perkalian lebih kuat dari pada penjumlahan, maka dahulukan perkalian.

134 + 25 x 16 


124 + 400


Langkah 3: 

Lakukan operasi penjumlahan untuk memperoleh hasil akhir.

124 + 400 = 524

Jadi, hasil dari 124 + 125 : 5 x 16 adalah 524


G. METODE PEMBELAJARAN 

  • Pendekatan : Saintifik

  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah







LAMPIRAN 2

H. PENILAIAN

Penilaian Sikap 



















































































































































































































































































































































K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4




Penilaian 

Matematika 

Guru menilai pekerjaan siswa dengan memberikan skor. Setiap soal memiliki bobot 5.



Pengayaan 

Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja. Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh temannya.


Remedial

  • Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan hitung campur dapat belajar dengan guru.

  • Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.

DOWNLOAD VERSI MS WORD DOWNLOAD DISINI